TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM

 TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM

TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM
Salah satu arahan manajemen resiko dalam mata uang transaksi trading adalah locking. Ada juga yang menyebutnya bagaikan position hedge/hedging. Di blog ini sudah dimuat tulisan yang membahas proses ini dilihat dari sisi negatifny.

Kalau dalam info tersebut penulis membeberkan “kemubaziran” manual locking yg lazim dilakukan trader, kali ini – buat menepati janji dalam artikel tsb – mau dibahas penerapan teknik locking yang ekstra “aman”.

TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM
Menyiasati ketidakpastian
Semua trader pasti maklum bahwa ada ketidakpastian dalam pergerakan pasar. Umumnya kita mengimplementasikan penerapan stop loss (SL) untuk menyiasati ketidakpastian, dengan goal untuk meminimalisir resiko. Dgn menerapkan stop loss, dgn sendirinya kita udah memasung resiko.

Tapi tidak cuma byk yang menyadari bahwa pada waktu jual/beli kita dalam situasi cuan pun mampu saja dengan cepat berubah menjadi kerugian, terutama saat ada rilis berita ekonomi esensial (big figures). jurangan mungkin cukup sesekali menemui keadaan selagi value berbalik arah sedemikian cepatnya terlebih sampai menghajar ambang berhenti loss yang sudah diletakan sebelumnya, sedangkan tadinya posisi jurangan sedang dalam keadaan untung (floating profit).

Itu karna pasar merespon info yg dirilis. Kabar big figure emang lazimnya (tidak selalu) menghadiahkan kelanjutan signifikan pd pergerakan harga, sehingga pergerakan yg volatile ada kalanya terjadi setidaknya 20 menit nomor satu sesudah kabar tsb diumumkan.

Kejadian tsb pasti mengesalkan. Untuk mengantisipasinya ada setidaknya tiga pilihan pola yang dapat boss lakukan:
  • Menutup lokasi menjelang rilis berita penting
  • Menerapkan trailing stop
  • Mempraktikkan tata cara locking

Yg mau kita telaah di info kali ini yakni mengaplikasikan langkah locking tersebut.

TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM

 TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM

“Locking profit”
Lho, mengapa di-locking? Bukankah status transaksi sedang untung? Bukankah itu berarti memasung keuntungan? Mengapa tidak membiarkannya hingga menggapai jenjang take profit (TP)?

Benar-Benar benar. Saya tak sedang menganjurkan anda bagi menyangka bahwa arahan ini sebagai satu-satunya pilihan, tetapi sedang membagikan pandangan bahwa malah pada situasi sebagaimana inilah locking bolehdilakukan. Adapun kepastian alternatif Anda, tentu terserah Anda.

TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM
Konsep dasarnya yaitu menyiasati ketidakpastian imbas efek pengumuman artikel penting tadi.
Anggaplah waktu menjelang rilis data bermanfaat area bapak/ibu sedang floating profit. Biasanya, menjelang rilis informasi penting, harga condong mau bergerak sideways. Secara teknikal, bimbingan transaksi trading bapak/ibu mengatakan bahwa masih ada probabilitas value akan bergerak serasi dengan wilayah Anda, namun situasi pasar yang sideway menjelang kabar hyn menyebalkan.

Nah, dalam status seperti itu nggak ada salahnya kamu “mengunci” profit yg telah didapatkan dgn melakukan “locking profit”. Saat lalu artikel dirilis serta harga bergerak searah dgn bagian sebelumnya, boss tinggal “buka kuncian” dgn melenyapkan wilayah yg berlawanan dgn pasar. Sehabis itu bro/sis tinggal membiarkan market menentukan ending area yg masih terbuka. Ini nggak bersebrangan dengan rencana “let your profits run”.

TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM
Contohnya serupa ini:
Boss telah mendapatkan daerah terbuka adalah buy GBP/USD sebanyak 1 lot, misalkan di peringkat 1.50000. SL ditempelkan di 1.49000 serta TP di 1.52000. Lalu nilai bergerak naik beserta sampai lokasi 1.51000. Pada wkt itu, kondisi transaksi agan ialah floating laba seribu pips.

Beberapa waktu menjelang rilis artikel penting, value bergerak sideway sedangkan TP pembaca belum tercapai. Dengan menerapkan tips locking profit, jurangan membuka satu lot lokasi sell di 1.51000. Dgn demikian, kondisi transaksi kamu yaitu “terkunci” dengan profit seribu pips.

Ingat bahwa tatkala harga bergerak sideway, pd dasarnya terbentuk resistance di pasar. Perhatikan level tahanan atas tersebut. Misalnya di kisaran 1.51200.

Nah, tatkala berita utama diumumkan & efeknya baik buat poundsterling selanjutnya diikuti oleh penembusan ke atas 1.51200, ekspres buang (tutup) wilayah sell yg anda buka tadi. Wilayah tersebut puguh mendapatkan kerugian sebesar 200 pips. Namun tatkala nyatanya harga terus naik menyentuh level 1.52000, wilayah Buy yg terbuka mau membukukan keuntungan sebesar dua ribu pips. Untung higienis bro/sis berubah 2000-200 = 1800 pips.

Ini tentu lbh bagus daripada kalo perumpaannya rilis artikel utama tsb tdk bagus beserta memberikan sentimen negatif bagi poundsterling. Katakanlah price kemudian turun sampai 1.49900, lalu jika bro/sis tak mempersiapkan antisipasinya bapak/ibu akan merugi sebesar seratus pips (padahal tadinya sempat cuan seribu pips).

 TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM

TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM

TRADING SAHAM HALAL ATAU HARAM

LihatTutupKomentar